ABSTRAK
Asep Saepudin, S. Pd.: Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Menulis Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas VIII SMP Negeri 1 Campaka Kabupaten Cianjur Tahun Pelajaran 2005/2006.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis. Akan tetapi, sesuai dengan permasalahan yang dirumuskan, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data atau informasi mengenai : 1) aktivitas atau partisipasi siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan kontekstual; dan 2) efektivitas pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Untuk memecahkan permasalahan dan mencapai tujuan tersebut telah dilakukan tiga siklus tindakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tindakan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan strategi-strategi (komponen-komponen) pendekatan kontekstual yaitu konstruktivisme, pemodelan, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Data atau informasi hasil penelitian dikumpulkan dengan melakukan observasi terhadap aktivitas atau partisipasi pembelajaran, mengevaluasi hasil kerja siswa, dan tes akhir tindakan. Aktivitas atau partisipasi siswa ditentukan dengan menganalisis dan menafsirkannya atas kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, rendah, dan sangat rendah. Sedangkan efektivitas pembelajaran ditentukan dengan cara mengevaluasi hasil kerja siswa dan tes akhir tindakan serta menentukan tingkat ketuntasan siswa dalam pembelajaran.
Penelitian dilaksanakan di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Campaka Kabupaten Cianjur tahun pelajaran 2005/2006.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran menulis menggunakan pendekatan kontekstual meningkatkan aktivitas belajar siswa secara signifikan. Hasil observasi pada siklus terakhir menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada aspek kesungguh-sungguhan mencapai 86,5%, bertanya dan menjawab pertanyaan mencapai 91,8%, serta kerja sama atau partisipasi mencapai 89,2%. Angka persentase tersebut masing-masing berkategori tinggi, sangat tinggi, dan tinggi; dan 2) Pembelajaran menulis menggunakan pendekatan kontekstual sangat efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Hasil evaluasi setiap siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat secara signifikan. Bahkan hasil evaluasi akhir tindakan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar individual siswa mencapai 32 orang (86,5%).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar